Contoh Format OJL (On The Job Learning) Kepala Sekolah SD, Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengan Atas 2015
Kepala Sekolah yaitu Guru yang diberi kiprah embel-embel dalam hal administrasi pendidikan dalam hal pemenuhan 8 standar, yaitu Standar Isi, Standar Proses, Standar Kompetensi Lulusan, Standar Pengelolaan, Standar Pembiayaan, Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Standar Sarana Prasarana dan Standar Penilaian. Kepala Sekolah harus bisa dalam administrasi pendidikan dan sebelum Calon Kepala Sekolah harus mengikuti Program OJL(On The Job Learning). LPPKS merupakan Organisasi atau sekolah yang menaungi Calon Kepala Sekolah supaya menjadi Kelapa Sekolah yang siap menjabat, dan bisa melakukan tugasnya. OJL yaitu suatu jadwal terbaru yang dirancang khusus untuk Guru yang mengikuti pendidikan untuk Kepala Sekolah baik tingkat SD, Sekolah Menengah Pertama dan SMA. Program ini bisa dikatakan sebagai diklat Kepala Sekolah dan ini dimulai Tahun 2014 hal ini sehubungan bergulirnya Peraturan Pemerintah ihwal Pengangkatan Seorang Kepala Sekolah harus mengikuti Diklat Kepala Sekolah (Tidak serta merta mengangkat).
Semua File di simpan di Google Drive |
Makara Pemerintah memiliki kebijakan bahwa Seorang Kepala Sekolah itu harus bisa menguasai Teknologi, dan tentu saja bisa me-manajemen sekolah untuk peningkatan mutu sekolah dan mutu pendidikan di masa mendatang.Sebelum Calon Kepala Sekolah Mengikuti diklat, LPPKS memperlihatkan instumen Kepada Calon Kepala Sekolah untuk dijawab dan balasannya bisa dilihat dan dijadikan salah satu materi dalam Melaksanakan penelitian di sekolah. Instrument tersebut dikelompokan kedalam 5 kelompok yaitu : Kewirausahaan, Kepribadian dan sosial, Kepemimpinan Pmebelajaran, Pengembangan Sekolah dan Supervisi Pembelajaran. Banyak keluh kesah pastinya dirasakan Guru-Guru yang mengikuti Diklat Kepala Sekolah ini, dikarenakan tidak sedikit Guru yang tidak bisa memakai Fasilitas Teknologi(Komputer PC atau Notebook) alasannya yaitu skill penguasaan teknologi ini merupakan salah satu syarat dalam penyusunan kiprah simpulan jika diklat ini telah selesai dilaksanakan. Tentu berbeda kenyataannya jika Guru tersebut bisa atau hebat dalam memakai Komputer/Notebook.
Sebelum Calon Kepala Sekolah menjadi Kepala Sekolah yang resmi menjabat di sekolah tujuan, Kepala Sekolah harus menyusun Tugas Akhir dalam aktivitas tersebut. Nah Tugas simpulan ini sebagai salah satu syarat yang harus ditempuh dalam Pemenuhan serangkaian aktivitas OJL. Apabila Calon Kepala Sekolah tidak menuntaskan Tugas simpulan ini maka Calon kepala sekolah tersebut harus mengulang kembali pada tahun berikutnya. Sebelum menyusun Tugas Akhir OJL, Calon Kepala Sekolah harus : 1. Memilih 2 sekolah yang akan dijadikan Penelitian. 2. Koordinasi dengan kepala Sekolah tersebut ihwal pelaksanaan OJL 3. Menyiapakan Instrument dalam penelitian.
- Memilih 2 Sekolah yang akan dijadikan Penelitian. maksudnya yaitu Sekolah sendiri dan sekolah magang. bisa dikatakan sekolah sendiri sebagai sekolah magang 1 dan sekolah lain sebagai sekolah magang2.
- Koordinasi dengan kepala sekolah tersebut ihwal pelaksanaan OJL, hal ini sangat penting dikarenakan untuk mengkondisikan Waktu dimulainya Penelitian dan jadwal Hariannya, Mengkondisikan Guru-guru ihwal sosialisasi Penelitian (OJL), Mengkondisikan Tiap Sekolah terutama Guru yang memegang 8 standar.
- Menyiapkan Instrument dalam penelitian. Instrument disini yaitu ihwal Sekolah yang akan dijadikan penelitian dalam hal pemenuhan 8 standar pendidikan, 9 Aspek Manajerial, Instrumen yang dipakai dalam hal apakah Calon Kepala Sekolah Kurang (contoh: Kewirausahaan), Supervisi Guru Junior, Rencana Tindak Kepemimpinan, Telaah Dokumen 1 dan Dokumen 2.
- BAB I.docx
- BAB II Sekolah Magang 1.docx
- BAB II Sekolah Magang 2.docx
- BAB IV Kesimpulan dan Saran.docx
- Daftar Isi.docx
- III.A Pelaksanaan RTK.docx
- III.B DAFTAR PERTANYAAN SETELAH OBSERVASI.docx
- III.B INSTRUMEN OBSERVASI KELAS.docx
- III.B Matriks Supervisi Guru Junior.docx
- III.B Supervisi Guru Junior.docx
- III.C INSTRUMEN PERENCANAAN KEGIATAN PEMBELAJARAN.docx
- III.C Instrument Pelaksanaan Pembelajaran.docx
- III.C Intrumen Penelaahan RPP.docx
- III.C Perangkat Pembelajaran.docx
- III.D INSTRUMEN KAJIAN MONEV.doc
- III.D INSTRUMEN KAJIAN PENGELOLAAN KURIKULUM.doc
- III.D INSTRUMEN KAJIAN PTK.doc
- III.D INSTRUMEN KAJIAN SARPRAS.doc
- III.D INSTRUMEN KAJIAN TIK.doc
- III.D INSTRUMEN MONEV RTK.docx
- III.D INSTRUMEN PEMBINAAN PESERTA DIDIK.doc
- III.D INSTRUMEN PENGELOLAAN KEUANGAN.doc
- III.D INSTRUMEN PENGELOLAAN RKS.doc
- III.D INSTRUMEN PENGELOLAAN TAS.doc
- III.D INSTRUMEN RTK.docx
- III.D Instrument RKJM dan RKS.docx
- III.D Matrik Kajian Monev.docx
- III.D Matrik Kajian P. TAS.docx
- III.D Matrik Kajian P. TIK.docx
- III.D Matrik Kajian P.Keuangan.docx
- III.D Matrik Kajian P.Kurikulum.docx
- III.D Matrik Kajian PTK.docx
- III.D Matrik Kajian RKS.docx
- III.D Matrik Kajian Sarpras.docx
- III.D Matrik Kajian Serdik.docx
- III.D Pengkajian Aspek Manajerial Ketatausahaan.docx
- III.D Pengkajian Aspek Manajerial Keuangan Sekolah.docx
- III.D Pengkajian Aspek Manajerial Monev.docx
- III.D Pengkajian Aspek Manajerial pemanfaatn TIK.docx
- III.D Pengkajian Aspek Manajerial Pengelolaan Kurikulum.docx
- III.D Pengkajian Aspek Manajerial Peserta Didik.docx
- III.D Pengkajian Aspek Manajerial PTK.docx
- III.D Pengkajian Aspek Manajerial RKAS.docx
- III.D Pengkajian Aspek Manajerial Sarpras.docx
- III.D Program aktivitas RTK-RTL.docx
- III.E Instru Dokumen Kewirausahaan.docx
- III.E Pedoman Wawancara-Peningkatan AKPK.docx
- III.E Peningkatan Kompetensi Berdasarkan AKPK yang Kurang di Sekolah Lain.docx
- Kata Pengantar.docx
- MATRIKS KAJIAN ON THE JOB LEARNING.docx
EmoticonEmoticon